12 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan tubuh & Kulit (Sudah Terbukti)

12:24 AM
Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan tubuh & Kulit
manfaat bawang putih

DOKUMEN HERBAL-Khasiat bawang putih banyak yang kita dapat rasakan untuk kehidupan sehari-hari,dan termasuk dalam kelompok umbi-umbian. Bawang putih kerap kita kenal sebagai bumbu masakan dan sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Yang membuat herbal ini populer adalah kemampuannya yang dapat mencegah penyakit kanker.


Tapi sayang Memanfaatkan Bawang Putih Untuk Kesehatan tubuh & Kulit (Teruji), terkadang aroma nya yang menyengat membuat tanaman tidak banyak dikonsumsi langsung, melainkan hanya sebagai bumbu, sehingga hanya dalam jumlah sedikit yang kita konsumsi.
Hampir semua bahan-bahan herbal mempunyai khasiat masing-masing bagi tubuh. Begitu juga dengan bawang putih, berikut 12 manfaat bawang putih yang harus kita ketahui.



1. Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

            Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik yang di butuhkan oleh tubuh, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, Kalsium serta zat besi.

Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang dimiliki bawang putih per 136 Gram
  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

Nutrisi yang terdapat dalam bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, dan uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh kita. Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

2. Mengandung Senyawa Allicin

Bawang putih merupakan tanaman herbal yang telah digunakan sejak jaman mesir kuno, kandungan allicin memang salah satu unsur yang biasa digunakan sebagai obat. Allicin merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya. Apa fungsi dari allicin ini ? ia merupakan zat anti bakteri yang dimiliki oleh bawang putih.

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap zat ini dan menemukan bahwa ia memiliki efek penting untuk beberapa isu kesehatan di bawah ini :

  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat anti kanker
  • Antioksidan
  • Dan anti anti mikroba/bakteri.

Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin. Zat ini lah yang membuat ciri khas pada baunya. Yang diyakini sangat besar peranannya dan membawa manfaat kesehatan yang tiada duanya.

3. Mengobati penyakit malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang menular yang disebabkan oleh mikroorganisme Plasmodium, ditularkan oleh nyamuk Anopheles.

Penyakit malaria banyak diderita masyarakat yang tinggal di daerah tropis termasuk di Indonesia sendiri angka kematian yang disebabkan oleh malaria cukup tinggi. Meskipun demikian, bawang putih yang sering kita sepelekan telah terbukti efektif dalam mencegah dan mengobati malaria.

Senyawa Ajoene dan chloroquine yang dimiliki bawang putih terbukti dapat membunuh kuman plasmodium dan mencegah infeksi malaria. Saat seseorang terkena malaria, pemberian ekstrak bawang putih atau konsumsi bawang putih mentah secara langsung dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan dalam waktu yang relatif singkat.

4. Anti Kanker

        WOW, setidaknya itulah reaksi yang ditemukan oleh para peneliti ketika meneliti khasiat bawang putih untuk menjauhkan penyakit paling berbahaya kanker. Bawang putih layak disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, kandungan sulfida alil terdapat dalam bawang putih yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker.

Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti ialah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian, zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih  dapat menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya akan menyebabkan kanker payudara.

bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah perkembangan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.

5. Sumber Antivirus/anti bakteri/ Antioksidan Yang sangat Ampuh

        Khasiat paling populer dari bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. tidak hanya untuk mencegah, bawang putih juga disebut sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini mampu membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing di dalam tubuh kita.

6. Ingin Umur Panjang? Bawang Putih Solusinya

           Umur memang rahasia Tuhan ia kan? namun dengan adanya segudang khasiat bawang putih yang kita bahas tidak ada salahnya. Bahwasannya mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu meningkatkan umur panjang dan awet muda. Berikut beberapa pertimbangannya.

  • Mampu menghindari penyakit kanker, pembunuh utama di dunia
  • Mampu menghindari penyakit jantung dengan kemampuan memangkas LDL dalam darah.
  • Dapat mengurangi tekanan darah tinggi
  • Anti oksidan + Anti Bakteri + Anti Virus

Ke empat dari fungsi di atas merupakan salah satu faktor menunjang untuk awet muda dan umur panjang. Terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan anti oksidan serta anti bakteri merupakan kunci hidup sehat. Setuju.

7. Ampuh Memangkas Kolesterol Jahat

          Salah satu kehebatan lain dari bumbu masakan paling dikenal di Indonesia ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat. Ia mampu memangkas LDL (Low Density Lipoprotein) (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%. Jangan khawatir dengan HDL (kolesterol baik) anda, walaupun bawang putih ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL, sehingga anda akan tetap sehat.

Produksi insulin dapat dipacu dengan mengkonsumsi bawang putih, hal ini sama seperti manfaat kopi yang dikonsumsi dengan baik. Peningkatan insulin ini mengurangi kadar gula dalam darah.

8. Bawang Putih Untuk Kecantikan Kulit
  
Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh,bawang putih juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk kecantikan kulit.

contohnya bawang putih dapat Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. caranya, Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.

yang kedua dapat menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat rasa tidak percaya diri bagi yang memilikinya. bawang putih mempunyai sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa sisa luka pada kulit. Oleskan potongan bawang putih pada bagian noda luka.

selanjutnya dapat mengobati jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu dioleskan pada permukaan kulit yang ada jerawatnya, kemudian didiamkan kira kiara 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Jerawat akan mengempes dan mengecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

Senyawa antibakteri yang terkandung di dalam bawang putih dapat membunuh bakteri penyebab jerawat atau bakteri P.acne sekaligus mengurangi peradangan pada kulit. Demikian juga pada kasus herpes, senyawa antiviral dalam bawang putih dapat meredakan infeksi virus dan membantu proses penyembuhan kulit.

7 campuran bawang putih untuh mengobati jerawat

9. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

         Kok bisa bawang putih mampu mencegah penyakit syaraf seperti demensia dan alzheimer ini ? Jawabannya karena kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan dalam proses penuaan dini. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme pertahanan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Suplemen bawang putih telah terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh kita, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien tekanan darah tinggi.

Manfaat gabungan di dalam bawang putih seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mencegah penyakit syaraf seperti penyakit Alzheimer dan demensia

10. Mengobati sakit gigi

Bawang putih terkadang dapat bermanfaat pada saat kritis atau mendesak ketika anda mengalami sakit gigi. Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat anti virus dan bakteri yang ada pada bawang putih mampu membasmi bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk menghilangkan sakit gigi anda.

11. Mencegak Sakit Jantung
  
Penyakit jantung menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian di dunia, bahkan jumlah penduduk Amerika yang meninggal akibat penyakit jantung lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang meninggal dalam perang dunia kedua.

Penyakit jantung saat ini diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, konsumsi makanan yang tidak sehat serta kurangnya aktifitas olaraga. Sebuah penelitian di India menyatakan bahwa konsumsi bawang putih secara rutin mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

Hasil penelitian menyatakn bahwa mereka yang tidak diberi asupan bawang putih setidaknya setiap hari, memiliki angka kematian 2x lipat dibandingkan mereka yang rutin mengkonsumsi bawang putih.

12. Mencegah Infeksi Virus (HIV AIDS)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwasannya bawang putih mengandung berbagai senyawa aktif yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh termasuk dari infeksi virus seperti HIV.

Penelitian menyebutkan bahwa bawang putih biasanya dikonsumsi oleh penderita AIDS di Amerika dan telah menunjukkan hasil positif.

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin sudah terbukti mampu meningkatkan harapan hidup penderita AIDS dan mengurangi gejala yang ditimbulkan (Josling, 2001).


Membuat Minyak Bawang Putih Sebagai obat Infeksi Telinga

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ket:


Ada beberapa cara penyajian bawang putih yang mungkin dapat anda jadikan alternatif untuk dinikmati dengan enak
  • Di tumis, masakan apa saja pasti membutuhkan bawang putih, jika anda ingin mendapatkan efek dan manfaatnya setidaknya anda dapat menambah beberapa butir lagi.
  • Dapat di campur dengan kecap, iris atau haluskan kemudian dicampurkan dengan kecap cukup enak untuk di konsumsi.
  • Di buat sambal
  • Di buat cuka/kuah kerupuk/empek-empek
  • Dimakan langsung, jika anda mau, dimakan langsung akan memberikan efek yang bagus.

beberapa efek samping bawang putih yang mungkin terjadi yang perlu anda pertimbangkan

  • Efek samping pada kulit. Jika anda menggunakannya untuk kulit, bawang putih sangat “berbahaya” jika anda oleskan terlalu tebal karena akan menyebabkan seperti bekas luka bakar.
  • Kehamilan dan menyusui. Bawang putih KEMUNGKINAN AMAN pada kehamilan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, dan mungkin tidak aman bila dikosumsi dalam jumlah besar dalam kehamilan dan menyusui.
  • Anak-anak. Bawang putih mungkin AMAN ketika diminum dan tepat untuk jangka pendek pada anak-anak, tetapi mungkin tidak aman ketika diminum dalam dosis besar. Beberapa sumber menyatakan bahwa penggunaan dengan dosis tinggi bisa berbahaya bahkan fatal bagi anak-anak. Namun, alasan untuk peringatan ini tidak diketahui. Tidak ada laporan kasus yang tersedia efek samping yang signifikan atau kematian pada anak-anak akibat mengkonsumsi bawang putih berlebihan
  • Pendarahan. Terutama bawang putih segar, dapat meningkatkan pendarahan.
  • Masalah Pencernaan. Bawang putih dapat menyebabkan iritasi saluran gastrointestinal (GI).
  • Operasi/Bedah. Bawang putih mungkin dapat menyebabkan perdarahan. Berhenti mengkonsumsi bawang putih setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.
  • Konsultasikan Dengan Dokter Anda.
Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaaat bagi kita semua

Share this :

First
0 Komentar