9 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kehidupan Sehari Hari - Dapat Meredakan Demam

6:41 AM
9 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kehidupan Sehari Hari - Dapat Meredakan Demam
Daun Sirsak
DOKUMEN HERBAL-Sirsak atau Annona Muricata adalah salah satu spesies tanaman buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis terutama di Indonesia dan menghasilkan buah yang rasanya manis dan agak asam. Tidak hanya buahnya, ternyata daun sirsak juga sudah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan alternatif.
Daun sirsak di Indonesia sudah sangat populer. rasa buah yang asam manis dan banyak di sukai di beberapa kalangan. ditambah kepapulerannya meningkat semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa ia dapat memerangi penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes.
Tumbuhan Sirsak bisa kita katakan sebagai tumbuhan WOW, mengapa ? hal ini dikarenakan telah banyak penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa hampir seluruh bagian dari sirsak mulai dari kulit, daun, akar, dan tentu saja buahnya dapat dijadikan sebagai obat  herbal tradisional.
Mengenal Tanaman Sirsak
Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda mempunyai nama Latin Annona muricata L. Sirsak adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda,sirsak(Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung), "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belada ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. 

Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk pembuatan jus serta es krim. Buahnya mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami
Tumbuhan ini dapat tumbuh di dimana saja di indonesia, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.
Khasiat Daun Sirsak Untuk Kehidupan Sehari Hari
1. Obat Luka Luar
Manfaat daun sirsak yang pertama adalah sebagai obat luka luar. Obat ini bisa digunakan untuk Anda yang mengalami luka pada bagian kulit seperti eksim, karena terjatuh, dan lain sebagainya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Moghadamtousi et al membuktikan bahwa senyawa etil asetat dan antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.


Jika anda ingin luka anda segera sembuh, anda hanya perlu menumbuk beberapa helai daun sirsak, lalu langsung tempelkan pada bagian kulit yang terluka dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan. Mudah bukan.

2. Mengobati Penyakit Diare
Diare merupan gangguan pencernaan yang ditandai dengan meningkatkan frekuensi buang air besar dan tinja yang cair.
Penyakit diare ini banyak diderita masyarakat Indonesia dan menempati peringkat ketiga belas penyebab kematian di Indonesia, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah infeksi parasit seperti bakteri Escherischia coli.
Sebuah penelitian pada tahun 2014 menyebutkan bahwa ekstrak methanol yang terkandung dalam daun sirsak mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan parasit termasuk bakteri Escheriscia coli yang merupakan penyebab diare. caranya dengan meminum air rebusan daun sirsak.
3. Meredakan Pusing
Manfaat daun sirsak yang lain adalah meredakan pusing yang diakibatkan stress berlebihan. Hal tersebut dikarenakan adanya kemampuan daun sirsak yang menjaga kesehatan saraf-saraf terutama pada otak agar selalu stabil dan kuat.
4. Meredakan Demam
Demam adalah salah satu indikator atau tanda bahwa terjadi masalah didalam tubuh kita. Ketika terjadi gangguan seperti peradangan, tubuh akan mengeluarkan sinyal dan merangsang otak untuk meningkatkan suhu badan seseorang.
Kenaikan suhu tersebut dimaksudkan untuk membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan. Meskipun demikian, demam dapat membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan terganggu dalam melakukan aktivitas, sehingga jika seseorang mengalami demam, harus segera diobati.
Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang dapat menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat. ini dapat membantu anda untuk meredakan demam
5. Merawat Kulit
Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Daun sirsak memiliki kandungan yang dapat meminimalisir munculnya kerutan dan keriput secara alami. Caranya adalah dengan membuat masker daun sirsak yang sudah dihaluskan pada area wajah.
Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit diantaranya eksim dan jerawat. Senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada daun sirsak dapat menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat serta mencegah jerawat meninggalkan noda hotam pada wajah.
Anda dapat menghilangkan eksim dan jerawat dengan cara memblender beberapa helai daun sirsak dan mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan tersebut dengan rutin selama beberapa hari dan anda lihat hasilnya.
6. Meningkatkan Kesuburan
Bagi Anda yang belum juga mendapatkan keturunan, mengonsumsi air rebusan daun sirsak bisa dijadikan salah satu solusi. Pada pria, mengonsumsi ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan jumlah sperma. Sementara untuk wanita akan semakin kuat rahimnya.
7. Membantu Menurunkan Lemak Jahat
Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah membantu menurunkan kolestrol jahat pada darah manusia. Senyawa anti-hiperlipidemia yang terkandung dalam daun sirsak mampu menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol yang dalam dunia medis disebut sebagai Low Density Lipoprotein (LDL) serta meningkatkan kadar lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) di dalam tubuh.
Kolesterol atau lemak jahat dapat menembus dinding arteri dan menimbulkan plak pada pembuluh darah atau yang dikenal dengan sebutan atherosclerosis. Atherosclerosis atau penebalan dinding arteri dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

8. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Salah satu manfaat daun sirsak adalah memperkuat sistem imun pada tubuh kita. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu meningkatkan kemampuan sel imun atau sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.



Selain itu, kandungan zinc dalam daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit yang tidak diinginkan. Saat anda merasakan gejala flu atau demam, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk memperkuat daya tahan tubuh anda.

9. Mengatasi MAAG

Penyakit maag atau radang lambung banyak diderita oleh masyarakat dewasa ini. Penyakit ini terjadi karena buruknya pola makan seseorang atau akibat adanya infeksi pada saluran pencernaan. Jika tidak ditangani, penyakit maag dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.



Daun sirsak mengandung senyawa anti-ulceritis atau anti peradangan yang dapat menghambat produksi asam lambung dan melindungi dinding lambung serta membunuh bakteri penyebab infeksi di dalam saluran perncernaan.



Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dapat mengurangi infeksi pada lambung sekaligus meredakan sakit akibat infeksi tersebut.
Khasiat Daun Sirsak Lainnya
Zat yang terdapat pada intisari daun sirsak sangat efektif dalam memerangi dan menjadi bahan obat. Berikut adalah daftar khasiat yang dimiliki daun sirsak.
  1. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
  2. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
  3. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
  4. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
  5. Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit
  6. Antimalaria: Mencegah malaria
  7. Antileishmania: Antileishmania
  8. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos
  9. Antikonfulsan: antikonvulsan
  10. Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
  11. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
  12. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
  13. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
  14. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
  15. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
  16. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
  17. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik
  18. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
  19. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
  20. Obat penenang: Zat yang menenangkan
  21. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  22. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
  23. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus
  24. Diuretik: The emetik dari aurine
  25. Penenang: Zat yang menenangkan
Tips Menggunakan Daun Sirsak
Jika anda menggunakan daun sirsak untuk berbagai keperluan kesehatan ada baiknya mengikuti beberapa tips yang kami rangkum berikut ini.
  1. Bersihkan daun. Jangan lupa bersihkan daun dengan air mengalir karena akan banyak terdapat kuman, dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga buahnya.

  2. Jangan mengkonsumsi terlalu berlebihan, pastikan anda mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak menggurangi khasiat dari daun tersebut.
  3. Konsultasikan ke dokter anda . Pastikan anda melakukan konsultasi dengan dokter mengenai penggunaan daun sirsak, dan lain sebagainya sebagai bahan pertimbangan.

Amankah Mengkonsumsi Rebusan Daun Sirsak?

Meskipun banyak manfaat daun sirsak yang telah teruji, penelitian juga menyebutkan bahwa daun sirsak dapat memicu urinasi atau merangsang pengeluaran urin atau kencing setelah dikonsumsi. Oleh sebab itu, wanita hamil dianjurkan menghindari konsumsi air rebusan sirsak sebisa mungkin.
Konsumsi ekstrak daun sirsak atau air rebusan sirsak dalam jangka waktu yang lama juga dapat berakibat buruk pada kesehatan, dikarenakan senyawa anti mikroba yang terkandung dalam daun sirsak dapat membunuh bakteri baik dalam tubuh.
Terlalu banyak mengkonsumsi ekstrak daun sirsak yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan rasa kantuk dan kehilangan kesadaran. Maka dari itu, bijaksanalah dalam mengkonsumsi daun sirsak dan bila perlu konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.


Sekian dulu untuk postingan kali ini, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar