Khasiat Daun Kelor Perlu Untuk Diperhitungkan "Mampu Mencegah Kanker"

2:05 PM
Khasiat Daun Kelor Hingga Dapat Mengatasi DIABETES
Khasiat Daun Kelor
Kalian wajib tahu bahwasannya daun yang kecil mungil ini ada manfaat dan khasiatnya. Kita taunya daun pohon ini sering digunakan untuk pakan ternak. ya, tetapi ternyata daun kelor ini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. waoooow.

Nutrisi yang terkandung pada daun kelor yaitu mengandung potasium, kalsium, mengandung vitamin C, vitamin A dan juga mengandung protein. 

Sehingga tanaman ini dinobatkan sebagai miracle tree oleh WHO. Daun kelor dianggap sebagai tanaman ajaib karena dapat digunakan sebagai obat herbal yang baik bagi tubuh.

Kelor juga disebut sebagai Moringa oleifera dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai. Biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. 

Kelor tumbuh di daerah panas dan  daerah sedikit gersang dengan curah hujan antara 250 sampai 1500 mm. Berikut ini adalah klasifikasinya:

Kingdom           : Plantae

Divisi                : Magnoliophyta

class                : Magnoliopsida

family               : Moringaceae

Genus               : Moringa

Spesies             : Moringa oleifera

Tumbuhan ini juga memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak. serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasa nya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Penelitian pada manfaat daun kelor dimulai dari daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya, telah dimulai sejak tahun 1980. Negara yang tradisi penduduknya menanam pohon kelor adalah Somalia, Etiopia, Sudan, karena pohon kelor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan, dan juga hasil dari tanaman ini di perjualbelikan. 

Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat. hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. dan ketika musim kemarau datang, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya

Kandungan Daun Kelor

Khasiat Daun Kelor Hingga Dapat Mengatasi DIABETES
Kandungan Daun Kelor

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang masih didalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi ini karena manfaat daun kelor sangat baik.

  • Diketahui bahwa mengandung Potasium Tiga kali lipat dari pada pisang.
  • Juga mengandung Kalsium Empat kali lipat lebih banyak daripada susu.
  • Dan juga di ketahui memiliki Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk.
  • Mengandung Vitamin A Empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  • Juga memiliki Dua kali lipat protein dari pada susu.

Khasiat Daun Kelor


Beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan yang agan perlu ketahui:

1. Dapat mengatasi penyakit diabetes

Penyakit diabetes adalah ancaman bagi masyarakat pada saat ini, dikarenakan pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Penyakit diabetes adalah akibat menurunnya atau melemahnya fungsi insulin dan hormon pengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang kekurangan Vitamin D memiliki resiko yang tinggi menderita penyakit diabetes karena vitamin D diperlukan oleh sel islet dalam pankreas untuk memproduksi insulin.

Daun kelor mengandung kadar vitamin D yang tinggi dan asam askorbat yang juga berperan dalam proses sekresi insulin dan dapat mengurangi kadar gula didalam darah. Mengkonsumsi setiap hari dapat membantu anda dan keluarga anda terhindar dari penyakit diabetes terutama jika anda mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit diabetes.

2. Dapat mencegah kanker

Daun kelor kaya akan potasium dan juga kaya akan antioksidan sehingga dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, bahkan dapat menghentikan dan menghilangkan pertumbuhan kanker yang ada dalam tubuh kita.

The Tree of Life julukan yang pantas disandang oleh tanaman kelor, karena ternyata tanaman kelor tidak hanya dapat mencegah dan mengatasi penyakit ringan, akan tetapi juga dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit ganas seperti kanker.

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan pada sel dan menyebabkan sel tumbuh tidak terkendali dan menyerang sel pada organ tubuh lainnya. Daun kelor mengandung senyawa isothiocyanate benzil yang dapat mencegah pembentukan sel tumor serta kanker. Banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan efek daun kelor terhadap pertumbuhan sel tumor dan kanker.

Mengkonsumsi secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit kanker dan meningkatkan  hidup pasien kanker. Selain itu, daunkelor mengandung lebih dari 40 jenis antioksidan yang mampu melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi dan kelainan pada sel tubuh.


Khasiat Buah Ciplukan Dapat Mengobati Darah Tinggi Hingga Melawan Kanker

3. Merangsang Produksi ASI 


Banyak Ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI, namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa daun kelor juga memiliki fungsi sama dengan daun katuk.

Studi membuktikan bahwa daun kelor mengandung senyawa Galactagogues yang dapat merangsang produksi hormon prolaktin bagi ibu yang baru melahirkan. Hormon prolaktin adalah hormon yang berperan produksi ASI dalam tubuh seorang IBU.

Daun kelor dapat diberikan pada ibu yang baru melahirkan setelah 3 hari untuk merangsang produksi ASI, juga direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui yang sulit mengeluarkan ASI dan ingin memberikan ASI ekslusif kepada bayinya tanpa tambahan susu formula.

4. Dapat menyehatkan mata


Anda pasti terkejut jika mengetahui bahwa daun kelor mengandung kadar vitamin A dan beta karoten empat kali lebih besar dibandingkan wortel. Kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. 

Hal ini memang benar adanya karena daun kelor mengandung vitamin A dan beta karoten dalam konsentrasi yang tinggi. Vitamin A dan beta karoten yang terkandung dalam kelor memiliki peranan penting dalam menjaga struktur dan fungsi organ mata.

Sebagaimana diketahui bahwa Vitamin A adalah salah satu penyusun sel batang di retina mata dan berfungsi mempertahankan penglihatan agar tetap normal.

Daun kelor digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata seperti mata merah atau belekan, caranya dengan merebus dan diambil air rebusan tersebut kemudian basuhkan pada mata kita yang sedang sakit.

caranya sangat mudah
  1. Siapakan beberapa lembar daun kelor 
  2. Tumbuk hingga halus.
  3. Tambahkan air kira kira satu gelas dan di aduk 
  4. Diamkan hingga ampasnya mengendap. 
  5. kemudian gunakan air daun kelor tadi untuk di jadikan tetes mata
5. Dapat mengobati rematik


Selain beberapa manfaat diatas ternyata daun kelor juga memiliki khasiat untuk mengobati sakit rematik, seperti rasa sakit pada persendian dapat dikurangi dengan mengkonsumsi secara tepat,

Penyakit rematik atau nyeri sendi dapat menyerang siapa saja dan sakit yang ditimbulkannya dapat mengganggu aktifitas.

Daun tanaman kelor mengandung senyawa kolkisin yang merupakan kelompok alkaloid. Senyawa ini mampu menurunkan rasa nyeri yang di akibat penyakit rematik dikarenakan memiliki khasiat anti peradangan atau anti inflamasi. Efek yang ditimbulkan kolkisin cukup cepat yakni antara 0,5 – 2 jam setelah rasa sakit menyerang.

ketika terjadi peradangan dan timbul rasa sakit, anda bisa mengkonsumsinya  untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Dibanding dengan obat-obatan kimia, daun kelor tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita.

6. Mengobati penyakit liver


Secara historis, daun kelor telah digunakan di Eropa sebagai salah satu bahan alami pembersih liver atau organ hati. Kelor disebut-sebut mempunyai kemampuan Phytotherapy atau kemampuan melindungi organ hati dari kerusakan, seperti penyakit hepatitis dan sirosis.

Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan di negara Jerman melaporkan bahwa daun kelor mengandung senyawa silymarin yang merupakan agen hepatotoksik atau senyawa yang mampu menetralkan racun penyebab kerusakan hati dan melindunginya dari infeksi penyakit.

Tidak hanya itu, senyawa aktif yang terkandung dalam daun kelor mampu merangsang pembentukan sel hati yang baru untuk menggantikan sel hati yang telah rusak. Jadi jika anda ingin menjaga hati anda dari kerusakan, jangan ragu untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Hilangkan Jerawat dan Flek Hitam Anda sekarang, Hanya Dengan Menggunakan Lemon
9 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kehidupan Sehari Hari
 Efek Samping Daun Kelor



Daun kelor memungkinkan aman untuk diminum dan digunakan dengan tepat. Daun, buah, dan biji-bijian akan aman bila dimakan sebagai makanan. Namun, penting untuk menghindari memakan akarnya karena pada bagian ini mengandung zat beracun yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.



Kelor kemungkinan tidak cocok untuk ibu hamil karena bahan kimia dalam akar, kulit kayu, dan bunganya dapat membuat kontrak rahim dan ini dapat menyebabkan keguguran. Tidak ada cukup informasi yang tersedia tentang keamanan dalam menggunakan bagian lain selain kelor selama kehamilan.



Daun kelor terkadang juga digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan hal tersebut, namun balum adanya informasi yang cukup untuk mengetahui apakah aman dikosumsi untuk bayi. Oleh karena itu, hal yang terbaik adalah sebelum mengunakan atau mengkosumsi kelor, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan anda.


itulah beberapa kandungan serta manfaat daun kelor. semoga bermanfaat bagi kita semua. terima kasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar